Senin, 07 Juni 2010

Usulan Gapoktan Calon Penerima Dana PUAP 2010

70 Desa Diusulkan Terima PUAP

Banyuwangi. Sebanyak 70 desa diusulkan Dinas Pertania, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Banyuwangi sebagai penerima program Pengembangan Usaha Agrobis Pedesaan (PUAP) tahun anggaran 2010.

Sebelumnya, Kabupaten Banyuwangi sudah menerima program serupa sejak tahun 2008. Yakni sejumlah 35 desa di tahun 2008 kemudian 15 desa di tahun 2009 lalu.

Pengelolaan dana PUAP diserahkan kepada masing – masing Gapoktan penerima BLM – PUAP. Program untuk pemberdayaan masyarakat desa miskin ini akan memberikan masing-masing desa penerimanya dana sejumlah Rp 100 juta. Sasarannya adalah desa miskin berdasar data BPS.

Untuk uangnya akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing Ketua Gapoktan untuk dikelola sebagai modal usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Program ini langsung dari Deptan sehingga verifikasi desa penerima juga dilakukan langsung oleh Deptan.

Dana dari Program PUAP ini juga bisa digunakan untuk jenis usaha industri rumah tangga pertanian selain untuk pengembangan komoditas pertanian. Seperti untuk berbagai usaha home industri pembuatan tempe atau ubi kayu dan produk turunannya. Juga bisa digunakan untuk usaha berbasis pertanian lainnya semacam pembuatan kompos. (Oong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung blog ini

Pengikut